Indahnya Pantai Sundak Di Gunungkidul Yogyakarta

GaleriWisataDunia - Pantai Sundak merupakan salah satu dari sekian Pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, alamatnya : Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Jalur yang dilewati untuk menuju ke Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Baron. Untuk tiket masuk : Rp. 2.500,- dan Parkir Motor Rp. 2.000,-. Fasilitas yang tersedia antara lain : Bilik rumah makan, Panggung Hiburan, Tempat Ibadah, MCK, Gardu Pandang, Parkir Luas, Sirkuit mini untuk off-road dan resor.



pantai-sundak-gunungkidul-yogyakarta

Tidak hanya menyimpan pesona alam yang indah dan memukau, Pantai ini ternyata juga mempunyai riwayat yang berhubungan dengan penamaannya. Sekitar tahun 1930 wilayah pantai ini masih terendam air yang merupakan bagian dari Samudera Hindia, seiring berjalannya waktu terjadilah proses alam yang menyebabkan air menjadi surut. Tampaklah daratan yang menjorok kelaut dan sebuah batu karang di sebelah timur yang didalamnya ada terdapat sebuah gua. Pada masa ini namanya adalah Wedi Bedah yang berarti pasir yang terbelah, karena saat musim hujan tiba ada aliran air yang membelah hamparan pasir menuju ke laut. 




Beberapa tahun kemudian ada sebuah kejadian yang akhirnya mengubah nama Pantai ini sampai sekarang. Seorang pemilik anjing bahasa jawanya "asu" sedang berada didekat gua. Dalam keadaan lapar anjing tersebut pergi ke dalam gua dan menemukan mangsa yaitu seekor landak laut, selanjutnya anjing berusaha menerkam landak laut hingga terjadi perkelahian. Akhirnya anjing berhasil keluar dengan memakan sebagian dari tubuh landak tersebut dengan keadaan basah kuyup, sang pemilik mengira bahwa didalam gua ada sumber air yang menyebabkan anjingnya basah dan memang benar adanya.




Dari kejadian inilah akhirnya nama Asu dan Landak diabadikan oleh mbah Arjasangku dan sampai saat ini dikenal menjadi pantai SUNDAK kependekan dari Asu Landak. Penemuan air tawar dalam gua juga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

Hamparan pasir putih yang bersih dengan dihiasi bebatuan karang menjadikan pengunjung semakin betah bermain di pantai ini. Sebagai pelengkap kita bisa menikmati sunset yang indah. Keindahan Pantai Sundak bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengisi liburan anda. 




Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page

Terima Kasih